desain mobil yang cantik juga berfungsi untuk aerodinamika


 Aerodinamika terbentuk dari kata Aero dan Dinamika yang dapat kita artikan udara dan perubahan gerak, juga dapat disimpulkan dalam pengertian bahwa suatu perubahan gerak dari suatu benda akibat dari hambatan udara ketika benda tersebut melaju dengan kencang. Aerodinamika  berasal  dari  dua  kata  yaitu  aero  yang  berarti  bagian  dari udara  atau  ilmu  keudaraan  dan  dinamika  yang  berarti  cabang  ilmu  alam  yang menyelidiki  benda-benda  bergerak  serta  gaya yang  menyebabkan  gerakan-gerakan  tersebut.  Aero  berasal  dari  bahasa  Yunani  yang  berarti  udara,  dan Dinamika  yang  diartikan  kekuatan  atau  tenaga.  Jadi  Aerodinamika  dapat diartikan  sebagai  ilmu  pengetahuan  mengenai  akibat-akibat  yang  ditimbulkan udara atau gas-gas lain yang bergerak. Benda yang dimaksud tersebut salah satunya berupa kendaran bermotor seperti mobil,truk,bis  maupun  motor  yang  sangat  terkait  hubungannya  dengan perkembangan  aerodinamika  sekarang  ini.  Ada beberapa hal  yang  berkaitan dengan aerodinamika yaitu kecepatan kendaraan dan hambatan udara ketika kendaraan itu melaju. Dalam Aerodinamika dikenal  beberapa gaya yang bekerja  pada  sebuah  benda dan  lebih  spesifik  lagi  pada  mobil.

Sebuah mobil yang dibekali dengan sistem aerodinamika yang baik akan mampu melesat bagai sebuah roket, namun kesalahan dalam sistem aerodinamika juga amat fatal terutama dalam kecepatan tinggi, mobil dapat terbang keudara. Untuk lebih memahami tentang prinsip aerodinamik kendaraan coba perhatikan gambar berikut ini

Perhatikan aliran udara disekitar mobil tersebut, sebisa mungkin dibuat halus untuk mendapatkan gaya tekan pada bagian belakang kendaraan, jadi mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi sekalipun. dalam aerodinamika sebuah mobil, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan untuk sisi aerodinamika sebuah mobil tersebut, yaitu
1. spoiler Belakang.
2. spoiler Depan.
3. Wins.
4. Deflector.
5. Side Skirt.
perangkat ini merupakan bagian dari perangkat aerodinamika pada sebuah kendaran, yang fungsinya membuat aliran udara yang akan masuk ke bagian dalam mobil dibuat lebih minim.

pertama Spoiler Belakang


sobat kita bahas spoiler belakang, mungkin teman-teman sudah banyak yang tahu tentang komponen yg satu ini, Komponen yang sering dipakai untuk modifikasi oleh para penikmat modifikasi kendaraan roda empat ini, biasanya modifikasi itu menganut paham mobil sport atau mobil balap yang mempunyai karakteristik membuat kendaraan stabil dan baik untuk kecepatan tinggi.
dalam pemakaiannya spoiler belakang ini fungsinya untuk menahan gaya lift up belakang yang ditimbulkan saat kecepatan tinggi agar mobil tidak melayang dan terbang yang kan membahayakan pengemudi dan penumpang. Fungsi spoiler tidak hanya pada didesain tetapi juga untuk lebih membantu fungsi spoiler depan, yaitu untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Saat ini aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan non bagasi dan bagasi, bisa digunakan untuk kendaraan kontes balap maupun kendaraan harian yang di pake oleh masyarakat karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty look.

kedua Spoiler Depan

selanjutnya kita bahas tentang spoiler sobat, apa itu Spoiler depan yaitu salah satu aksesoris pada kendaraan yang berkaitan dengan penerapan ilmu aerodinamika yang harus diperhatikan keberadaanya, karena spoiler depan ini fungsinya untuk menahan angin yang melewati kendaraan dan membantu ban kendaraan akan melekat dengan tanah juga menahan gaya udara yang ditimbulkan saat melaju dengan kecepatan tinggi, spoiler depan ini pada dunia otomotif lebih dikenal dengan sebutan bemper depan, dengan begitu kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi maka akan terjadi gaya tekan yang sama yang dihasikan antara spoiler depan dan belakang yang akan melawan gaya lift up dari kendaraan itu sendiri.

ketiga wing

Untuk pertandingan balap mobil, pemakaian wing bukan untuk asesoris supaya terlihat manis, tapi memang memberikan kestabilan mobil balap tersebut. Sehingga penggunaan wing dengan bahan karbon lah yang dipercaya lebih kuat dan juga ringan disamping itu tidak mudah patah.

 wing yang sering dipakai tidak hanya digunakan balap saja, sebagian orang juga ada yang mengunakannya sebagai tambahan asesoris dan modifikasi (itu semua hanya untuk kebutuhan fashion saja) sayap / wing dibagian buritan (belakang) pada awalnya hanya dipakai pada mobil-mobil yang akan bertarung diarena balap untuk meningkatkan traksi ban, karena wing dipercaya mampu mengontrol arah angin yang datang ke mobil sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian buritan (Downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus diatas aspal tanpa melayang ataupun melintir saat menikung.wing ini fungsinya hampir sama dengan spoiler belakang atau bumper belakang , karena letaknya yang berada dibelakang dan menahan atau melawa gaya lift up pada kendaraan

 keempat Deflector
yang keempat mari kita mengenal tentang apa itu deflektor, Defector adalah salah satu bagian dari sebuah mobil yang memperhatikan sisi aerodinamika sebuah kendaraan yaitu dimana deflector ini berfungsi untuk menyalurkan udara yang menerpa bagian depan kendaraan pertama kali dan membuat aliran angin tersebut menjadi terarah keluar dan membuat kendaraan kita menjadi stabil pada saat kecepatan tinggi, tetapi selain kegunaan tersebut deflector ini juga berfungsi untuk membuang kotoran atau debu yang menerpa kendaraan saat melaju pada kecepatan ynag tinggi dan membuang debu atau kotoran itu langsung terlempar keatas sehingga tidak membentur kaca depan mobil, Selain kegunaan atau fungsi deflector yang cukup bermanfaat ini yang akan memaksimalkan aerodinamika sebuah kendaraan.

kelima Side Skirt
sobat ini adalah bagian yang terakhir versi fisikawan24, Side skirt adalah bagian dari Body kit yaitu terdiri dari spoiler depan atau bemper depan, spoiler belakang dan Side Skirt itu sendiri, side skirt ini berfungsi untuk meneruskan laju hembusan angin supaya lancar dan tidak membuat mobil oleng pada saat dikendarai, baca juga keajaiban gaya sentripetal side skirt ini sangat penting juga dalam mendukung sisi aerodinamika dalam sebuah kendaraan, hal tersebut dipasang selain untuk mendukung sisi aerodinamika dalam sebuah mobil juga bisa untuk modifikasi kendaraan yang bisa dijadikan andalan pada sebuah modifikasi karena bentuk nya menarik dan sangat mempengaruhi dari exterior pada sebuah mobil

Post a Comment