8 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw


"Sesungguhnya dalam kehidupan Rasulullah terdapat contoh yang baik bagimu, bagi siapa yang mengharapkan rahmat Allah dan hari kiamat serta sering menyebut Allah." (Surah Al-Ahzab [33]: 21)

Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal, namun sebenarnya kesehatan itu justru murah, sedangkan penyakitlah yang mahal! Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mencontoh perilaku Rasulullah.

Rasulullah pernah bersabda bahwa ada dua nikmat yang sering kali manusia tidak menyadarinya, yaitu kesehatan dan waktu luang. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu dengan baik.

Ketika seorang dokter Romawi dikirim ke Madinah, ia kesulitan menemukan orang yang sakit selama setahun. Dokter itu kemudian bertanya kepada Rasulullah tentang rahasia kaum Muslim yang jarang mengalami sakit.

Seumur hidupnya, Rasulullah hanya mengalami sakit dua kali. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi di Madinah, dan kedua, menjelang wafatnya.

Berikut adalah beberapa tips kesehatan yang diajarkan oleh Rasulullah:

1. Rasulullah tidur dan bangun dengan cepat. Beliau tidak menganjurkan umatnya untuk begadang dan selalu tidur setelah shalat Isya'. Beliau bangun pada pertiga malam untuk melakukan shalat malam.

2. Rasulullah sering berpuasa. Puasa tidak hanya baik untuk spiritualitas, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, mengendalikan diabetes, dan lain-lain.

3. Rasulullah tidak pemarah. Beliau mengingatkan umatnya untuk tidak mudah marah karena hal itu juga berdampak pada kesehatan tubuh.

4. Beliau senantiasa menjaga kebersihan diri. Rasulullah selalu bersih dan rapi, mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, menggunakan siwak, dan memakai minyak wangi.

5. Rasulullah memperhatikan pola makan. Beliau menyantap makanan yang sehat seperti kurma, madu, minyak zaitun, dan sayur-sayuran.

6. Rasulullah berolahraga. Beliau pernah berlomba lari, bertanding gulat, dan memanah. Beliau juga menyarankan umatnya untuk mempelajari olahraga memanah.

7. Rasulullah bersosialisasi dengan baik. Beliau memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahim.

8. Rasulullah menganjurkan berbekam. Berbekam atau hijamah adalah salah satu cara yang diajarkan oleh Rasulullah untuk menyembuhkan penyakit.

Dengan mencontoh perilaku Rasulullah dalam menjaga kesehatan, kita dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bermakna.
OlderNewest

Post a Comment