apa isi generator yang bisa membuat listrik ???


apa saja Sejarah penemuan listrik mula-mula diselidiki oleh orang Yunani Kuno, kurang lebih 6.000 tahunann, Sebelum Masehi. Mereka pendahulu kita mengamati bahwa batu ambar yg mampu menarik benda-benda ringan setelah batu tersebut digosokkan pd selembar kain wol. Batu ambar yg digosok dengan wol dikatakan mempunyai muatan listrik.baca juga minuman bersoda Percobaan Elektromagnet "Hans Christian Oersted".

mari kita bahas Percobaan Kumparan Listrik Michael Faraday
Michael Faraday mengadakan penelitian dan menemukan bahwa magnet yg digerakkan dapat menimbulkan arus listrik. Faraday melakukan percobaan tersebut dgn menggunakan lilitan kawat yang disebut kumparan. Dengan kumparan dan magnet kita dapat membuat arus listrik.
Masukkan dan keluarkan magnet batang berulang kali dalam kumparan, kita akan melihat adanya deteksi arus listrik pada amperemeter. Arus listrik bisa juga terjadi dgn menggerakkan kumparannya.


sobat fisikawan24, Induksi Elektromagnetik adalah gejala timbulnya arus listrik pada suatu penghantar karena pengaruh medan magnet yang berubah. Induksi Elektromagnetik dapat timbul jika sebuah magnet digerakkan mendekati dan menjauhi kumparan. Jika magnet didiamkan saja maka induksi elektromagnetik tidak akan timbul didalam kumparan. Induksi Elektromagnetik juga dapat timbul jika kumparan digerakkan mendekati dan menjauhi magnet yang diam.
     
pengertian tentag Tegangan Induksi dalam kumparan versi fisikawan24 adalah tegangan yang terjadi akibat adanya perubahan kuat medan magnet atau perubahan jumlah garis gaya magnet dalam kumparan. Syarat terjadinya tegangan induksi dalam kumparan adalah adanya perubahan medan magnet dalam kumparan tersebut.

beberapa faktooryang kami dapatkan dalam mempengaruhi tegangan induksi, yaitu :
      1. Banyaknya lilitan kumparan,
      2.  Kecepatan menggerakkan magnet, dan
      3.  Kuatnya medan magnet.
Perubahan medan magnet disebabkan oleh perubahan kerapa­tan Garis Gaya Magnet.


mari kita simak apa Akibat perputaran benda/mahnet akan tahir listrik dengan nama AC (Alter­natting Curent) atau lebih dikenal dengan istilah “bolak-balik”. sebagai contoh ; dinamo jaringanlistrik PLN, dinamo sepeda, dsb. Sumber arus listrik AC ini tidak dapat diketahui kutub positief + dan negatif nya walauptin listrik tersebut juga mempunyai dua ujung pengantar atau dua ujung saluran. Hal ini disebabkan karena listrik AC akan meng­alir bergantian diantara kedua ujungnva, yang kadang2 berada dalam ke­adaan positif dan kadang-kadang dalam posisi negatif. baca juga minuman bersoda

Post a Comment