akibat perokok aktif dan pasif

BAGI PEROKOK AKTIF
Setiap kali menghirup asap rokok, entah sengaja atau tidak, berarti juga mengisap lebih dari 4.100 macam racun. Karena itulah, merokok sama dengan memasukkan racun-racun tadi ke dalam rongga mulut dan tentunya paru-paru. Merokok mengganggu kesehatan,'fisikawan24" kenyataan ini tidak dapat kita pungkiri. Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya.

ada beberapa penelitian yang dilakukan ooleh para ahli untuk membuktikan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin."fisikawan24" Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 91% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 72% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru.

Berikut ini adalah daftar organ yang akan rusak yang terjadi karena merokok :

    1. Organ Jantung : Organ ini merupakan organ-orggan yang pertama yang merasakan dampak dari merokok."fisikawan24" Ini dikarenakan, jika seseorang menghisap rokok secara terus menerus, maka akan terjadi pengerasan serta penyempitan pada pembuluh darahnya. Sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh. Sehingga serangan jantung atau stroke akan menimpa bagi mereka yang hobi merokok secara tiba-tiba.
    2. Organ Matta : ini adalah organ yang sangat penting dan organ yang juga terkena dampak buruk bagi mereka yang tergolong perokok. Degenerasi makula atau kebutaan secara permanen merupakan salah satu dampak terburuk yang akan menganggu penglihatan seseorang yang sukanya hanya merokok dalam segala aktivitas.
    3. Organ Paru-Paru : organ ini adalah organ pernapasan dan organ yang paling sering gangguan karena paru-paru lah yang menerima asap rokok secara langsung. Penyakit-penyakit yang menimpa organ paru-paru yaitu pneumonia serta bronkitis. Jika anda tidak berhenti merokok dari sekarang, maka kedua penyakit tersebut akan semakin parah dari hari ke hari.
    4. Organ Ginjal : Ini merupakan salah satu organ yang juga mengalami masalah, jika kita menghisap rokok secara terus menerus. Kanker ginjal merupakan dampak paling buruk yang dapat menyerang organ ginjal pada perokok tersebut.

ada berbagai penyakit yang disebabkan oleh perokok

    Penyakit diabetes,merupakan disfungsi ereksi atau impotensi, kanker mulut, gangguan kesehatan pada gigi, kemandulan, gangguan pada pernafasan, kanker pankreas serta kanker darah merupakan berbagai penyakit yang bisa menyerang seseorang yang tidak mampu menghentikan kebiasaan buruknya menghisap rokok secara terus menerus sepanjang hidupnya.

Serangan stroke ringan atau TIA juga kadang kala membuat kapok seorang perokok untuk tidak merokok lagi. Para perokok yang mengalami hipersensitivitas pada saluran pernapasannya di mana jika mulai merokok, maka akan merasakan sesak, pasti tidak akan pernah mencoba untuk merokok. Serangan jantung juga biasanya membuat kapok seseorang untuk tidak merokok kembali.


BAGI PEROKOK PASIF

perokok pasif dapat menghirup asap “aliran samping” (sidestream), yaitu asap yang berasal dari ujung rokok yang terbakar, maupun asap “aliran utama” (mainstream), yaitu asap yang telah dihirup oleh perokok, lalu diembuskan kembali ke lingkungan sekitarnya. Di dalam ruangan yang terdapat perokok, hampir empat per lima dari asap yang mengisi ruangan tersebut merupakan tipe aliran samping yang berbahaya.

berbahayanya Asap rokok yang berakibat buruk bagi perokok juga turut membahayakan orang lain yang tidak merokok. Penelitian ilmiah menunjukkan, asap tembakau mengandung lebih dari 4.100 senyawa kimia, termasuk sedikitnya 40 agen penyebab kanker (karsinogenik), yang dapat menempel pada pakaian, rambut, kulit, dinding dan perabotan. Beberapa senyawa kimia itu meliputi tar (agen karsinogenik), karbonmonoksida (yang dapat mengurangi oksigen dalam darah dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit hati), arsenik (dahulu digunakan sebagai racun tikus), ammonia (digunakan dalam pemutih dan pembersih lantai) dan sianida (racun).


para ahli yang melakukan penelitian yang menunjukan bahwa perokok pasif yg menghirup asap aliran samping berisiko mengidap kanker paru-paru sebesar 20-31% dan penyakit jantung sebesar 23%. Belum lagi dampak-dampak negatif lain, seperti rambut menjadi bau, mata iritasi, hingga stroke otak. efek bagi ibu hamil, asap rokok itu dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Udara cemar yang "fisikawan24" dihirup oleh para perokok pasif menimbulkan memperparah penderita asma dan gejala-gejala lain yang membahayakan bagi para penderita alergi lainnya. Disamping itu juga dapat membahayakan fungsi jantung bagi yang menderita jantung koroner. Mereka yang sakit dilanda konsentrasi asap yang sangat membahayakan; terutama karena mengandung kadar karbon monoksida yang melebihi kadar yang dianggap aman bagi kesehatan. Mereka secara tidak langsung juga ikut menghirup asap rokok yang dinikmati oleh orang lain. Penelitian menemukan bahwa telah ditemukan kadar nikotin yang dapat diukur dalam darah dan urine para perokok pasif, tragis! Karbon monoksida mampu merembes melalui dinding alveoli ke dalam darah. baca juga isi pada generator Lebih mudah dari oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaan karbon monoksida dalam darah mencegah darah untuk menyerap jumlah oksigen yang normal dibutuhkan. Dengan demikian orang harus bernafas lebih cepat dan jantung harus memompa lebih kuat untuk mendapatkan oksigen yang diperlukan. Artinya peristiwa ini akan meningkatkan tekanan dan memberikan beban yang lebih berat pada jantung.

Post a Comment