apa kalian tahu BELANDA dan JAKARTA lebih rendah dari permukaan laut ??


kawan fisikawan kita bertemu lagi akan membahas artikel menarik selanjutnya, kita akan membahas sistem perairan yang ada di belanda, apa kalian tahu bahwa belanda itu sama seperti jakarta yang memiliki ketinggian lebih rendah dari pada permukaan laut. jadi bisa dikatakan kalo belanda dulu juga sering banjir dan sekitar 63 tahun yang lalu belanda terkena banjir yang cukup besar yang menyebabkan banyak kerugian, namun sekarang belanda sangat handal dalam menangani banjir.

apa yah rahasia nya sampai sekarang belanda tidak mudah banjir dan penanganan apa yang ampuh dalam menangani banjir ini yah ?
dengan adanya kasus banjir, benlanda membangun 13 bendungan raksasa yang dibanngun lamanya 39 tahun. salah satu nya yaitu Bendungan pertama selesai dibangun pada 1958 di Sungai The Hollandse Ijssel dan yang kedua bendungan The Ooster Dam yang membentengi seluruh daratan Zeeland yang langsung berhadapan dengan seluruh lengan Laut Utara. tidak hanya berhenti sampai disini belanda masih banyak melalukan inovasi untuk melawan banjir.

 akhirnya belanda membangun sistem polder yang kompleks untuk menghindari ancaman banjir dan air pasang. Polder merupakan sistem tata air tertutup dengan elemen meliputi tanggul, pompa, saluran air, kolam retensi, pengaturan lansekap lahan, dan instalasi air kotor terpisah.Sistem polder mula-mula dikembangkan Belanda pada abad ke-11 dan disempurnakan dengan penggunaan kincir angin pada abad ke-13 untuk memompa air keluar dari daerah yang berada di bawah permukaan air laut. Perjuangan melawan banjir telah dilakukan Belanda hampir selama satu milenium.
Pemerintah Belanda membuat Proyek Delta (Delta Works/ Deltawerken), yaitu pembangunan infrastruktur polder strategis untuk menguatkan pertahanan terhadap bencana banjir. Proyek Delta ini akan mengurangi resiko banjir di South Holland dan Zeeland untuk sekali per 10.000 tahun. Meskipun Proyek Delta telah selesai tahun 1997, masih ada ancaman kenaikan muka air laut akibat perubahan iklim yang mendorong Belanda untuk terus-menerus menyempurnakan sistem poldernya. Ini adalah perjuangan berat jangka panjang bangsa Belanda  dan tidak berhenti dalam membangun infrastuktur dalam menaklukan air. kereen yah bangsa belanda

apa itu Polder, polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Pada daerah ini air buangan seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Polder juga bisa diartikan sebagai tanah yang direklamasi. Sistem polder banyak diterapkan pada reklamasi laut atau muara sungai, juga pada manajemen air buangan (air kotor dan drainase hujan) di daerah yang lebih rendah dari permukaan laut dan sungai.  Unsur terpenting di dalam sistem polder adalah organisasi pengelola, tata kelola sistem berbasis partisipasi masyarakat yang demokratis dan mandiri, serta infrastruktur tata air yang dirancang, dioperasikan dan dipelihara oleh masyarakat. Sedangkan pemerintah hanya bertanggung jawab terhadap pengintegrasian sistem-sistem polder, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sungai-sungai utama. sistem polder disini memang butuh biaya besar karena butuh pompa yang besar dan pengawasan yang rutin. ada tambahan di bawah ini ada foto kehebatan belanda meski daratan lebih rendah dari pada permukaan air laut, tapi mereka tetap menjadi negara maju


bagaimana yah kalau sistem ini di terapkan pada jakarta dan kota-kota yang ada di indonesia, pasti banyak penggusuran di pemukiman karena sistem seperti ini butuh lahan yang besar dan juga dana yang mencukupi.
bersumber dari liputan6 bahwa gubernur DKI jakarta saat berkunjung di belanda, sempat mempelajari sistem penanganan banjir pada pemukiman penduduk. semoga indonesia bisa keluar dari bencana banjir seperti belanda :) .

14 comments