ternyata pohon juga menghirup oksigen sama seperti manusia




hai sobat fisikawan kita bertemu lagi disini, mari kita bahas artikel yang menarik lagi mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa pohon atau tanaman juga menghirup oksigen (O2), ternyata bukan hanya manusia saja yang menghirup tapi tumbuhan juga menghirup. padahal di pelajaran kita SD bahwa pohon menghasilkan oksigen O2 dan sangat sejuk bagi kita kalau berteduh di bawah pohon tersebut.
padahal yang kita tahu bahwa tumbuhan melakukan fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari, air dan karbondioksida (CO2) untuk diolah menjadi zat tepung/karbohidrat dan Oksigen (O2). gas oksigen ini adalah hasil fotosintesis yang dilepaskan tumbuhan ke udara yang sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia digunakan untuk bernafas.


perlu anda ketahui di bawah pohon pagi dan siang hari memang sejuk, tetapi jika di bawah pohon di sore atau malam hari anda akan lebih banyak menghirup karbondioksida (CO2). Karena pohon/tumbuhan di malam hari itu juga menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2) seperti manusia, terjadi dilema di benak manusia kalau Oksigen (O2) yang dihasilkan tumbuhan pada siang hari diambil kembali pada malam hari, tapi kenyataan nya tidak seperti itu pada siang hari tumbuhan melakukan aktivitas optimum dengan bantuan sinar matahari tumbuhan melakukan fotosintesis, menghasilkan Oksigen (O2) dan zat gula.
Pada malam hari aktivitas tumbuhan sangat rendah, sehingga Oksigen (O2) yang diperlukanpun sangat rendah dan bahkan kurang dari setengah oksigen yang dihasilkan pada siang hari.


kesimpulannya di saat malam hari tumbuhan tidak mendapatkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis yang digunakan untuk membuat gula. akan tetapi pada malam hari tumbuhan memilih mengkonsumsi oksigen untuk makan dan membuat energi dalam menggantikan gula.
jadi lebih baik jika malam hari jangan di bawah pohon nanti berebut oksigen dengan si pohon

tetap lestarikan pohon dan tumbuhan agar disiang hari menghasilkan oksigen lebih banyak dan menyerap racun lebih banyak dan manfaat yang lain pohon juga menghasilkan buah untuk kita. jadi tanam lah pohon lebih banyak agar bumi kita lebih hijau dan bersih

saya akhiri dulu untuk melanjutkan artikel menarik lainnya, jika ada salah informasi mohon di maklumi :)

7 comments