kenapa sering Kencing / Pipis saat udara dingin ??

hai sobat fisikawan24 kita ketemu lagi, yang sebelum nya membahas artikel tentang jangkrik saat nya kita membahas pipis atau kencing.
bagaimana rasa nya saat anda di dalam ruangan yang sangat dingin seperti ruangan yang ber-AC, saat hujan deras mengguyur kota kalian, juga di saat anda berada di pegunungan atau di dataran tinggi, biasanya yang anda alami adalah sering kebelet pipis, bahkan terjadi meski kita tidak minum air sekalipun.
pasti kalian semua bertanya-tanya kenapa kok sering pipis yah, padahal gak banyak minum???



jawabannya simpel disaat lingkungan sekitar kita yang dingin, tubuh manusia akan cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal, salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin atau juga disebut pipis.
sebenernya cairan itu harus dikeluarkan melalui keringat akan tetapi suhu dilingkungan sekitar kita dingin jadi tubuh kita cenderung tidak bisa mengeluarkan keringat. makanya jangan kaget kalau kita sering pipis di ruang ber-AC, itu tanda tubuh anda masih normal.
ada juga penjelasan lain selain yang ada diatas, beberapa peneliti dan ahli menjelaskan bahwa cuaca dingin itu menyebabkan berkurang nya aliran darah ke permukaan kulit kita sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah, ternyata inilah yang menghambat keluarnya cairan dalam tubuh. secara tidak langsung tubuh kita merespon mengeluarkan cairan tersebut melalu pipis kita.

solusi untuk kita semua
jadi meski di cuaca dingin atau panas kita harus sering minum air putih ya, orang yang sering pipis saat udara dingin sama seperti berkeringat banyak di cuaca panas. Maka wajib untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup. mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti banyaknya cairan yang keluar melalui urin atau pipis agar tidak terjadi dehidrasi, jangan sampai dehidrasi ya kawan jika dehidrasi anda bisa kena penyakit yang seperti di iklan AQ*A

sekian dulu dari saya mohon maaf jika ada salah kata. nanti kita akan bahas artikel yang lebih menarik

9 comments

  1. bener banget gan,ane kalau kedinginan suka kencing/pipis mlulu wkkwkw...
    semenjak baca ini,sekarang ane tahu kalau cuaca dingin,harus minum putih yang banyak-banyak kwkwkw
    makasih yaa gan

    ReplyDelete
  2. ok gan makasih juga atas kunjungan nya :D moga ilmu nya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Gambarnya pas banget bro.. kreatif..

    ReplyDelete
  4. Bener bangat gan.. Saya sering kencing apabila udara sedang dingin.,

    ReplyDelete
  5. hehe terima kasih atas kunjungannya semua gan

    ReplyDelete
  6. oh.. ternyata gitu tho. pantes di Lembang sering banget kencingnya

    ReplyDelete
  7. betul gan, ane juga menderita kek gitu

    ReplyDelete
  8. lucu juga yahh namun faktanya begitu hehhe

    ReplyDelete